Layanan Penyimpanan Data Online Yang Nyaman, Aman Dan Gratis ~ CANGKULAN.COM
SELAMAT DATANG DI CANGKULAN.COM === TEKNOLOGI DAN INFORMASI PERTANIAN TERKINI ==> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN SEMOGA BERMANFAAT
CANGKULAN.COM === TEKNOLOGI DAN INFORMASI PERTANIAN TERKINI

Monday, May 21, 2018

Layanan Penyimpanan Data Online Yang Nyaman, Aman Dan Gratis

Selain harddisk dan flashdisk, menyimpan data juga bisa kita lakukan secara online yang biasa kita disebut dengan cloud storage. Metode penyimpanan ini punya beberapa keuntungan, salah satunya adalah kita tidak perlu takut data kita terhapus atau hilang karena komputer kita terserang virus. Kita juga bebas mengakses dan berbagi data di mana saja kita berada selama ada koneksi internet. Berikut ini adalah beberapa website yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data :


1. DropBox

DropBox merupakan salah satu aplikasi penyimpanan data yang bisa kita akses melalui internet. Fungsinya bukan cuma untuk menyimpan data, tapi juga mengakses dan berbagi data ke teman-teman kita. Memori yang disediakan juga cukup besar, yaitu 2 GB (kalau mau lebih bisa dengan cara mempromosikannya dan juga akun berbayar), diperkirakan bisa menampung sampai 500 lagu dengan format MP3. Untuk membuat akun DropBox juga sangat mudah.
Silahkan masuk ke website DropBox di www.dropbox.com lalu daftarkan akun kita, kita pun bisa langsung men-download aplikasi DropBox ke komputer kita secara gratis. Setelah itu, aktifkan akun DropBox kita di komputer dan kita pun bisa menyimpan data berupa foto, dokumen, lagu sampai video. Kita juga bisa berbagi file dengan beberapa teman yang juga punya akun DropBox tanpa harus meng-copy-paste link karena kita cukup meng-invite mereka, secara otomatis file kita bisa terlihat di DropBox mereka.
Sedangkan jika kita ingin berbagi dengan teman-teman lain yang tidak mempunyai akun di DropBox, kita hanya tinggal mengcopy-paste link dokumen dan mengirimnya ke teman kita. Aplikasi DropBox ini juga bisa kita jalankan di smartphone kita.



2. Google Drive

Aplikasi Google Drive bisa menyimpan data hingga 5 GB secara gratis, selebihnya bisa dikenakan biaya tambahan. Kalau kita ingin menyimpan data lewat Google Drive, langkah pertamanya adalah membuat akun di Gmail. Setelah itu kita tinggal login ke email baru kita dan klik Drive di bagian atas, secara otomatis Google akan menginstall Google Drive untuk kita.


Setelah itu, buat nama folder untuk menyimpan data, kita pun bisa langsung men-drag file MP3 ke folder penyimpanan tersebut. Secara otomatis, file kita sudah tersimpan di folder Google Drive milik kita. Sedangkan untuk berbagi file tersebut ke teman-teman, kita tinggal mengklik file lalu klik share dan pilih kepada siapa kita akan berbagi file tersebut.


3. Skydrive

Tampilan Skydrive mirip Windows Explorer, SkyDrive memudahkan penggunanya untuk menyimpan dan berbagi file yang ada. Karena kita tinggal drag and drop file mana yang akan kita simpan. Selain itu SkyDrive juga dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Office web application, sehingga memungkinkan kita untuk membuat dan mengedit dokumen (Word, Power Point, Excell dan One Note) secara online di web.


Untuk bisa mengakses SkyDrive kita harus memiliki akun Microsoft di salah satu medianya seperti Hotmail, Messenger, SkyDrive,Windows Phone, Xbox LIVE atau Outlook.com atau bisa langsung buat akun juga di www.skydrive.com. Setelah itu secara otomatis kita bisa langsung terhubung dengan SkyDrive. Media penyimpanan satu ini bisa mengakomodasi data kita sebanyak 7 GB untuk akun gratis.

4. SugarSync
Untuk dapat menggunakan SugarSync pertama-tama anda silahkan kunjungi SugarSync kemudian lakukan pendaftaran untuk mendapatkan sebuah akun. Akun gratis SugarSyn mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB. Untuk menggunakan SugarSyn, tentunya Anda perlu meng-install client softwarenya. Anda dapat melakukan hal ini sebelum ataupun setelah mendaftarkan akun Anda.

5. Box
Untuk membuat akunnya silahkan kunjungi www.box.com. Pembuatan akun baru dengan Box gratis dan kita akan mendapatkan space sebesar 5 GB. Tampilan Box cukup mudah digunakan, pada tampilan utama kita bisa melihat semua file yang tersimpan di server Box. Dalam file manager itu kita bisa membuka, mendownload, mengubah nama file, menghapus, membagikan kepada teman, dan memberi komentar pada sebuah file. Kita juga bisa membuat file dan folder baru.

 6. Amazone Cloud  Drive
Amazone Cloud Drive memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB. Selain untuk menyimpan file lagu, namun juga bisa untuk menyimpan file dokumen, foto, dan video. Sayangnya untuk Smartphone iOS belum bisa memanfaatkan layanan ini. Untuk saat ini, hanya pengguna Android yang memiliki kesempatan untuk memakai Amazon Cloud. Layanan ini paling cocok buat anda yang suka membeli lagu dari Amazon dibandingkan provider lainnya. Dengan begini, anda tidak perlu memperluas memori Smartphone anda jika tidak memungkinkan. Cukup miliki akun Amazon Cloud kemudian simpan semua lagu yang telah anda download disana. Setiap kali anda ingin mendengarkan lagu, cukup buka akun tersebut dan anda bisa mulai mendengarkan lagu-lagu favorit anda disana.