Pisang Biru (Blue Java Banana) ~ CANGKULAN.COM
SELAMAT DATANG DI CANGKULAN.COM === TEKNOLOGI DAN INFORMASI PERTANIAN TERKINI ==> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN SEMOGA BERMANFAAT
CANGKULAN.COM === TEKNOLOGI DAN INFORMASI PERTANIAN TERKINI

Wednesday, November 14, 2018

Pisang Biru (Blue Java Banana)

Pada umumnya pisang memiliki kulit yang berwarna hijau saat mentah dan ketika sudah matang akan berubah menjadi berwarna kuning. Namun ternyata pisang memilik banyak warna yang unik selain warna seperti biasanya contohnya yaitu pisang biru.

Sumber gambar : himedik.com

Pisang biru biasanya hanya terdapat di daerah pedalaman pulau Jawa dan tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah penduduk. Orang jawa menyebut pisang biru ini sebagai pisang kepok awu karena warnanya yang biru dan keabu-abuan. Para penduduk bahkan kurang tertarik untuk menanamnya karena kurang diminati di pasaran. Masih banyak yang menganggap pisang ini sebagai pisang kampung sehingga kalah pamor dengan pisang lain seperti pisang ambon atau pisang raja. Orang-orang baru menggunakan pisang ini sebagai keripik, direbus atau bahkan hanya sebagai pakan burung.

Hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya pisang biru ini memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Dari sejak tahun 1980-an sudah banyak permintaan dari pasar luar negeri seperti dari negara Jepang dan negara di eropa. Di luar negeri pisang biru ini dinamai Blue Java Banana atau pisang biru dari Jawa, bahkan ada yang menyebutnya pisang Hawai atau pisang Ice Cream karena tampak seperti beku, memiliki rasa vanila dan tekstur yang creamy/meleleh seperti es krim.