Pisang Dengan Kulit Yang Bisa Dimakan ~ CANGKULAN.COM
SELAMAT DATANG DI CANGKULAN.COM === TEKNOLOGI DAN INFORMASI PERTANIAN TERKINI ==> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN SEMOGA BERMANFAAT
CANGKULAN.COM === TEKNOLOGI DAN INFORMASI PERTANIAN TERKINI

Monday, November 5, 2018

Pisang Dengan Kulit Yang Bisa Dimakan

Pada umumnya apabila kita makan buah pisang pasti tidak dengan kulitnya. Namun di Jepang kini telah berhasil mengembangkan pisang jenis baru dengan kulit yang bisa dimakan. Pisang ini pertama kali dikembangkan oleh Setzuko Tanaka yaitu seorang manager pengembangan teknologi di D&T Farm, Prefektur Okayama, wilayah barat Jepang. Pisang ini diberi nama "Mongee" (diucapkan Mon-gay) yang mempunyai arti pisang luar biasa. Dengan adanya penemuan pisang Mongee ini, akan membuat para penikmat pisang di Jepang tidak perlu khawatir lagi dengan sampah kulit pisang karena dapat memakan pisang beserta kulitnya.


Pisang Mongee ini berhasil diperoleh dengan teknik penanaman "Prezee Thaw Awakening" yang merupakan teknik pembekuan seperti pada zaman es. Teknik ini yaitu dengan cara menanama pisang pada suhu dingin yang ekstrim yaitu pada suhu sekitar minus 60 derajat Celcius, kemudian menanam kembali pisang tersebut pada lingkungan dengan peningkatan suhu hingga 63 derajat Celcius. Perbedaan suhu yang sangat signifikan ini memaksa tanaman untuk melakukan proses pertumbuhan yang cepat sehingga dapat menghasilkan pisang dengan kulit yang lembut dan tipis. Dengan teknik ini juga dapat mempercepat pertumbuhan pisang sehingga pisang dapat dipanen dalam jangka waktu 4 bulan saja.

Pisang yang ditanam dengan teknik ini secara sekilas tidak terlihat berbeda dengan pisang pada umumnya. Namun selain dapat dimakan dengan kulitnya dan umur panennya yang lebih cepat, pisang Mongee ini juga memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan buah pisang dari pohon yang ditanam secara konvensional atau ditanam secara biasa.

Bagi anda yang ingin mencoba menikmati atau membelinya anda harus sabar dan antri terlebih dahulu, hal ini karena perusahaan yang memproduksi pisang Mongee yaitu D&T hanya menjual 10 sisir per minggunya dengan harga cukup mahal yaitu sekitar 648 Yen atau sekitar 80 ribu rupiah per sisirnya.

Sumber : internasional.kompas.com